HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Village Management

Go down 
AuthorMessage
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:41 am

VILLAGE MANAGEMENT v.1.0
Author: hasanudddin koord. CFD MYM & UNF


TUJUAN:


mengoptimalkan resource yang ada dengan membangun bangunan-bangunan yang penting sesuai kegunaan dan kapan waktu membangunnya.

Village management atau manajemen desa sangat penting dalam pengembangan desa dan pemanfaatan resource, karena membangun desa secara asal-asalan, akan memboroskan resource, padahal resource sangat terbatas dan harus benar-benar termanfaatkan dengan baik. daripada membangun bangunan yang tidak penting, lebih baik resource tersebut digunakan untuk membuat pasukan atau bangunan yang lainnya.

sebagai analogi, ada 2 player travian. pada saat bulan ke 1-2 sama-sama mempunyai jumlah desa yang sama, jam online nyaris sama, konsumsi gold nya pun sama dan hasil raid juga relatif sama. setelah 4 bulan bermain, player A memiliki hampir 2 kali nya troop daripada player B. desa player A juga punya 3 desa dibandingkan player B. Kenapa bisa berbeda? karena player A, membangun desa nya dengan smart, berhasil mengatur desa nya dengan baik, dan resource yang dia miliki BENAR-BENAR termanfaatkan untuk pengembangan desa dan mencetak troop non stop. dan yang PASTI, lebih irit GOLD player A daripada B.

Kasus player B sangat sering terjadi, tidak hanya pada player pemula, namun juga SERING terjadi di player-player pengalaman yang sudah banyak bermain server dan menjadi top robber secara rutin. Mereka memiliki troop sangat banyak, tapi di masa mid-end server, sangat menderita, karena kekacauan desa-desa nya. sering terjadi troop mati kelaparan, produksi troop mulai putus-putus.

Sedangkan tipe player A, sangat langka ditemukan, memainkan akun dia oleh siapapun, sangat nyaman. karena infrastruktur sudah ideal. minus 500k gandum pun tidak masalah asal desa ter tata dengan baik. akun tipe player A sudah layak masuk klasifikasi desa World of Wonder. karena dari pengalaman saya meng handle 12 WW di berbagai server, ada 7 WW yang ideal, punya beberapa ciri yang sama.

Disini saya akan sharing tentang manajemen desa yang saya peroleh dari pengalaman saya pribadi, hasil diskusi dengan rekan-rekan player profesional, maupun selama saya meng handle beberapa World of Wonder di server-server sebelumnya.

JENIS DESA (SPESIALISASI DESA):

tiap jenis desa, berbeda-beda kondisi bangunan luar nya (resource), ini berpengaruh terhadap karakteristik desa tersebut. memilih desa harus sesuai tujuan dan kegunaan desa tersebut, biar resource lebih optimal. Hal yang sangat penting dalam pengembangan desa adalah SLOT!!! Slot sangat terbatas, jadi bangunan-bangunan yang dipilih untuk dibangun, harus benar-benar diperhitungkan dengan matang. karena jika anda salah memilih bangunan, dan harus membongkar bangunan yang salah, itu sama saja pemborosan resource.

Jadi, tiap desa punya spesialisasi tersendiri sesuai tipe bermain anda, dan misi bermain anda. Ada beberapa jenis desa yang umum digunakan player travian dalam memilih desa:

1. Desa Ibukota
2. Desa hammer
3. Desa Rain of Fire hammer
4. Desa Shield
5. Desa interceptor
6. Desa scout
7. Desa support resource
8. Desa hammer decoy
9. Desa konversi (NPC)
10. Desa buffer lumbung
Back to top Go down
View user profile
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Re: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:43 am

Web tools yang digunakan dalam manajemen desa:

Untuk mengecek jumlah total produksi gandum dari masing-masing jenis desa, bisa di cek disini:
http://travian.kirilloid.ru/villages_res.php#vt=5&spd=1&plus&ol=0,0,0,4&fl=10,10,10,12&fs=31

di situ menunjukkan produksi gandum untuk desa 15c dengan oase gandum 100%, dan bonus gandum travplus:
Production 313 313 313 17588

berarti setidaknya dengan produksi gandum 17.588, bisa menampung troop sebanyak 17.000an tanpa minus gandum. di tools itu, anda bisa ubah-ubah nilai nya, untuk menghitung produksi gandum nya. selain itu, anda juga bisa menghitung desa selain desa 15c.

sedangkan tabel dibawahnya: factories fields
itu adalah tabel level upgrade resource yang ideal. contoh, untuk membangun penggilingan gandum di desa 15c:

level 3 penggilingan gandum idealnya dibangun setelah 15 ladang rata level 6.
level 3 toko roti di bangun setelah 1 ladang level 10, 12 ladang level 8, dan 2 ladang level 7.

perhitungan ini memperhitungan ROI (return on investment), kapan balik modal nya resource yang sudah digunakan untuk meng upgrade penggilingan gandum dan toko roti.

sedangkan untuk mengecek jumlah kebutuhan resource suatu bangunan:

http://travian.kirilloid.ru/build.php#mb=1&s=1.40

pastikan opsi server: T4.0.

disini anda bisa berhitung, jumlah kebutuhan resource untuk bangunan, dari level sekian hingga level sekian. sehingga, saat anda ingin NPC, anda bisa menghitung komposisi NPC untuk beberapa kebutuhan resource bangunan yang akan di bangun. jadi, mirip2 perencanaan anggaran kalo di perusahaan.

selain itu, anda juga bisa menghitung waktu yang dibutuhkan untuk proses pembangunan. untuk desa normal mungkin tidak perlu. namun untuk pembangunan World of Wonder, dimana tidak bisa menggunakan gold, tools ini sangat penting dan membantu untuk menyusun queque building.

saat saya memegang WW proteus di server 1 sesion 2, orang banyak heran, kenapa bisa bangun WW secepat itu, itu karena saya memperhitungkan dengan matang, queque time nya.
Back to top Go down
View user profile
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Re: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:44 am

IBUKOTA

Preview

jenis desa yang cocok untuk ibukota HANYA 15c (15 ladang, 1 liat, 1 besi, 1 kayu). kalau terpaksa, 9c (9 ladang, 3 kayu, 3 liat, 3 besi) itu pun dengan oase gandum yang bagus (minimal 100% gandum). Sebelum menemukan ibukota 15c atau 9c, jangan meng upgrade resource (liat, kayu, besi, gandum) di desa 1 (yg statusnya masih ibukota) diatas level 10.

desa yang di set (telah dideklarasikan sebagai ibukota, melalui bangunan istana) sebagai ibukota, memungkinkan membangun resource ladang (crop) diatas level 10. sedangkan desa non ibukota maksimal hanya level 10.

jenis bangunan

Daftar bangunan yg dapat dijadikan target pembangunan ibukota:

1. Bangunan utama
tahap 1 level 5, setelah sudah mencetak troop raider atau ladang rata level 5 (untuk yg main simcity), upgrade ke level 10. Setelah barak, istal, dan ladang rata level 8, upgrade bangunan utama secara bertahap ke level 20. prinsipnya, bangunan utama harus 2 level diatas bangunan/resource lainnya.

2. Titik temu
setelah masuk bulan ke 2 (biasanya setelah anda memiliki 4 desa), upgrade titik temu ke level 15. khususnya para player tipe offense, sebaiknya di cicil pelan-pelan dari awal, sehingga masuk bulan ke 2-3 dan telah memiliki minimal 100 cata, titik temu sudah harus level 20, sehingga cata bisa nembak 2x (minimal 20 cata per wave agar bisa nembak bangunan 2x).

3. Pasar
Khusus di ibukota, pasar cukup hingga level 10-12. karena pasar level tersebut masih cukup murah, dan sudah cukup ideal untuk melakukan transaksi dagang di pasar pada saat awal-awal server.

4. padepokan
kegunaan padepokan ada 2, yaitu:
1) mengambil oase di range 7x7,
2) membangkitkan dan start nya kesatria (hero).

Maksimal 3 oase yang bisa diambil. untuk capital, sebaiknya hanya mengambil oase yang mengandung gandum saja. JANGAN mengambil oase jenis lain yang tidak ada kandungan gandum nya. karena, lebih baik oase non gandum diambil oleh desa support kita yang lain. Padepokan juga digunakan untuk start nya hero. maksudnya gini, hero hanya bisa bergerak dari suatu desa, yang sudah ada padepokannnya. kalau hero dikirim ke desa yang tidak ada padepokannya, maka, hero hanya mode bantuan, tidak bisa digerakkan dari desa tersebut.

HINT!!!: for pasar dan padepokan

Sebenarnya, pasar di ibukota tidak terlalu urgent, minimal level 1 cukup, karena peruntukannya hanya untuk NPC (mem balance kan resource) saja. namun, utk awal-awal server biasanya, resourse (hasil raid) di ibukota digunakan untuk pengembangkan desa ke 3-4, hingga desa 3 dan 4 sudah mandiri (resource di desa tersebut sudah cukup tinggi). Atau digunakan untuk berdagang gandum berlebih. idealnya, level 8-10 sudah cukup. Saat masuk bulan ke 4-5, pasar sudah tidak terlalu dibutuhkan, karena pertimbangan, keterbatasan slot bangunan, pasar bisa dibongkar pasang bergantian dengan padepokan.

maksudnya begini. padepokan setelah mengambil semua oase gandum (sudah level 15 atau 20), maka, fungsi padepokan HANYA untuk membangkitkan hero jika mati, dan cukup dengan padepokan level 1 sudah cukup. dan itu jarang digunakan. jadi, 1 slot, bisa digunakan bergantian antara pasar dengan padepokan. sehingga slot yang sebelumnya digunakan membangun padepokan, setelah padepokan di bongkar, slot bisa digunakan untuk bangunan penting yang lainnya, misalnya lumbung.

sehingga, pasar yang di downgrade ke level 1, saat membutuhkan untuk membangkitkan hero, bisa dengan segera di bongkar dan membangun padepokan level 1.

setelah hero bangkit, dan hero dapat digerakkan dari ibukota, maka, padepokan level 1 tersebut, bisa di bongkar, dan di bangun kembali pasar level 1. Sebelum membongkar pasar, pastikan terlebih dahulu, komposisi resource yang dibutuhkan membangkitkan hero terpenuhi. jika tidak, NPC dulu sesuai komposisi resource yang dibutuhkan, lalu, bongkar pasar.
Back to top Go down
View user profile
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Re: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:45 am

5. Istana

Standar nya, Istana cukup level 1, karena fungsi utama nya hanya mengdeklarasikan desa tersebut sebagai ibukota (capital). Jika anda ingin mengembangkan fungsi istana, misalnya membuat 3 settler untuk desa ke 3, setelah itu, istana bisa dibongkar, dan slot istana tersebut bisa digunakan untuk bangunan penting yang lain. Jika anda ingin membuat 3 Chief/chieftain/senator (selanjutnya di singkat dengan CHIEF untuk memudahkan penulisan di artikel ini) di capital, anda membutuhkan istana level 20. dan 3 slot ekspansi yang kosong.

HINT!!! for 3 Chief

pada prinsipnya, istana memiliki 3 slot ekspansi. sedangkan kastil hanya 2 slot ekspansi. 1 slot ekspansi = 1 chief / 3 senator.

contoh kasus, status slot ekspansi (cek di kastil/istana):
desa A: di kastil L10, 1 slot terpakai bikin desa B, 1 slot kosong
desa B: di istana L10, 1 slot terpakai bikin desa C, 2 slot kosong
desa C: di kastil L10, 1 slot terpakai bikin desa D, 1 slot kosong

disini kita akan membuat 3 chief di desa B (ibukota). di status, hanya ada 2 slot tersisa, karena 1 slot telah terpakai untuk bikin desa C.

caranya, yaitu:
1. Di desa A (resource sudah rata level 10), upgrade terlebih dahulu gudang minimal level 19, dan lumbung level 16, sebagai prasyarat untuk membangun kastil level 20
2. bangun kastil level 20, Setelah itu, bikin 1 chief
3. bongkar kastil di desa C, pastikan tidak ada troop di desa C
4. kirim chief dan 50 troop apa saja dari desa A dengan mode serangan penuh (full attack, jangan mode raid)

Setelah berhasil meng chief desa C, maka, status slot ekspansi menjadi:
desa A: 2 slot terpakai untuk desa B dan C
desa B: 3 slot kosong
desa C: 1 slot terpakai untuk desa D, 1 slot kosong

sehingga, dari desa B (ibukota), istana L10 sudah bisa bikin chief ke-1 (tentunya, sudah riset chief di akademi), istana level 15 bikin chief ke-2, istana

level 20 bikin chief ke 3.

info tambahan:
- di desa C, sebaiknya jangan bangun pagar. karena setelah ter chief, pagar akan hilang secara otomatis.

- setelah di chief desa C, kondisi desa C, semua level bangunan dan resource akan turun 1 level, karena populasi desa A lebih besar daripada desa populasi desa C (A > C). kalau populasi desa A lebih kecil daripada populasi desa C (A < C), populasi tidak akan turun 1 level, atau level bangunan tetap.

- setelah desa C ter chief, nilai budaya = 0%. bangun kembali kastil di desa C, minimal level 1, agar nilai budaya nya bertambah secara perlahan-lahan hingga 100%. Menurut saya, biarkan saja level 1, tidak perlu upgrade ke level 10.

- desa C yang telah di chief, akan hilang riset dan jumlah troop nya, meskipun populasi desa A lebih kecil (A < C). jadi, sebaiknya, desa ke 3, jangan digunakan sebagai desa militer, atau kalaupun akan digunakan sebagai basis militer, jangan riset jenis troop dan produksi troop terlebih dahulu. setelah desa C ter chief, silahkan riset dan cetak troop.

Jika tidak ada rencana untuk membuat chief di capital (khususnya yang bermain desa hammer di non ibukota, dan tidak membuat hammer di ibukota), cukup bangun istana hingga level 10 saja, untuk membuat 3 settler. setelah itu, bongkar istana, gunakan slot untuk lumbung atau bangunan penting lainnya.

Sebenarnya ada trik lain, yang lebih praktis, yaitu, desa A setelah membuat desa B (ibukota), lanjut upgrade kastil desa A ke level 20 untuk bikin paket 3 settler kedua, untuk membuat desa C. langkah ini memang lebih praktis, namun, untuk server normal, awal-awal server, membangun kastil level 20, sangat-sangat berat dan mahal. sebenarnya, trik ini lebih cocok untuk server speed.

karena biasanya, setelah 3-4 minggu berjalan, di desa A, sudah mulai sulit mendapatkan hasil raid yang bagus, karena sudah mulai banyak desa-desa farm yang delete id atau tinggi cranny nya, sedangkan, kebutuhan resource untuk mengembangkan bangunan-bangunan dan resource di desa A juga masih sangat perlu banyak resource. daripada bangun kastil level 20, mending bangun resource dan bangunan bonus resource yang lebih bermanfaat.
Back to top Go down
View user profile
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Re: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:46 am

6. Akademi

Jika anda merencanakan ibukota tidak membuat troop hammer, hanya troop raider secukupnya, setelah riset troop raider dan bangun bangunan yg mensyaratkan akademi (misalnya balai desa, jka diperlukan), bongkar akademi. Jika anda merencanakan bikin hammer dan cetak chief di ibukota, setelah riset semua jenis troop yang diperlukan, bongkar akademi, ganti dengan bangunan lain.

7. Pandai Besi

Bangunan ini yang lumayan lama diperlukan, karena meng upgrade level pandai besi masing-masing troop yang di cetak, memakan waktu yang sangat lama, khususnya, cata dan ram. upgrade dahulu pandai besi untuk jenis troop human (infantri dan cavalery), lalu terakhir baru war machine (ram dan cata). Setelah itu, bongkar pandai besi, ganti dengan bangunan lain. meskipun pandai besi telah terbongkar, efek level point attack/defense masing-masing troop yang telah di upgrade TIDAK AKAN HILANG.

8. Barak

secara umum, hammer dibuat di ibukota jenis desa 15c. dengan pertimbangan, konsumsi gandum ibukota 15c jauh lebih besar daripada jenis 9c, maupun 7c dan 6c.

Otomatis, daya tampung pasukan di desa 15c jauh lebih besar. namun, bagi player berpengalaman, biasanya 15c tetap dijadikan ibukota (agar bisa meng upgrade ladang diatas level 10), namun tidak membuat hammer di sana, ibukota dominan dibangun lumbung dan gudang.

jika memilih ibukota tetap membuat troop, barak tetap diperlukan. hanya saja, upgrade level barak, sebaiknya mengikuti kemampuan regen (jam produksi) troop di barak. kalau masih awal-awal server, level 3-10 sudah cukup bagus. kalau rata-rata antrian troop sudah diatas 10 jam, naikkan 1-2 level. jika masih antri lagi diatas 10 jam, naikkan lagi 1-2 level. begitu terus. jangan upgrade barak tergesa-gesa, sedangkan regen troop masih putus-putus.

9. Istal

pada prinsipnya sama dengan rule nya barak. hanya saja, upgrade istal, mengikuti prasyarat untuk meriset jenis troop tertentu.

10. Bengkel

untuk awal-awal server, war machine belum menjadi kebutuhan mendesak. rule nya mengikuti seperti barak.namun setelah memasuki bulan ke 3, sebaiknya, bengkel sudah di upgrade diatas level 15, dengan pertimbangan, jam produksi bengkel sangat lambat, sedangkan memasuki bulan ke 4, sudah masuk era perang kuadran atau aliansi. sehingga, jika dibutuhkan, war machine bisa segera di produksi, meskipun regen terputus-putus.

11. pusat kebugaran

pusat kebugaran, mensyaratkan titik temu level 15. biaya pusat kebugaran cukup besar. jika range raid sudah sangat jauh, diatas 20 kotak, pusat kebugaran diperlukan. idealnya, level 10-14. biasanya, pusat kebugaran mulai dibangun di bulan ke 2-3.

jangan meng upgrade pusat kebugaran terlalu tinggi, selain biayanya mahal, pusat kebugaran yang terlalu tinggi, mengurangi fleksibilitas pengiriman wave cata jika ingin bermain multitabber (pengiriman beberapa wave speed cata, dengan range antar wave, 0-1 detik).

misalnya, anda ingin mengirim 8 wave dengan detik yang sama, wave 1-5 di jam 01:00:00. sedangkan wave 6-8 di jam 01:00:01. sedangkan target nya, 8 wave harus 0 detik, yaitu sama semua di jam 01:00:00. anda bisa meng cancel wave 6-8. kemudian turunkan pusat kebugaran 1 level (melalui bangunan utama), kirim kembali wave 6-8 beberapa waktu kemudian, agar bisa masuk ETA jam 01:00:00

12. gudang

untuk awal2 server, 1 gudang masih cukup, leveling nya mengikuti hasil raid, jika gudang sering penuh, sudah seharusnya gudang di upgrade 1-2 level. selain itu, meng upgrade gudang memberikan kesempatan untuk menumpuk terlebih dahulu resource yang imbalance (resource yang tersisa setelah mencetak troops), biasanya besi untuk galia dan teuton, dan kayu untuk romawi. dengan menumpuk resource imbalance, kemudian di NPC ke komposisi kebutuhan reosurce jenis troop, bisa mengirit konsumsi gold. jadi, tidak terlalu sering NPC, tapi sekali NPC, cetak troop nya jauh lebih banyak.

Masuk di bulan ke 2, kebutuhan penambahan 1 gudang level 20 diperlukan untuk meng upgrade istana level 20 (jika ingin mencetak 3 chief). minimal, di bulan ke 2, WAJIB ada 3 gudang, yaitu 1 gudang level 20 dan 2 gudang level 10. jika anda mendapat serangan cata, menembak gudang anda, anda masih memiliki gudang cadangan yang tidak kena cata. masuk di bulan ke 2-3, jika ingin membangun GI (gudang ilmu) level 20, diperlukan 3 gudang level 20.
Back to top Go down
View user profile
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Re: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:46 am

13. lumbung

ini lah bangunan terpenting di ibukota. namun sering dianggap remeh oleh player robber, hanya membangun 2 lumbung kapasitas 160k, dengan alasan, kapasitas lumbung jarang penuh, karena gandum selalu menurun mengikuti minus gandum, berbeda dengan gudang yang lebih cepat terisi penuh. pada saat ada serangan, dan diperlukan CFD, player tersebut biasanya panik, karena minus gandum nya berkali-kali lipat besar nya. sedangkan CFR gandum aliansi tidak bisa diharapkan, karena supply inflow nya tidak teratur dan terbatas.

sebagai analogi (berdasarkan kasus nyata di server sebelumnya), seperti ini:

di bulan ke 6, kondisi 1 akun: kapasitas lumbung 160.000. minus gandum di desa nya saat itu sudah mencapai 20.000 saat semua hammer jalan atau berkumpul di ibukota. dengan asumsi, lumbung selalu di isi 150.000 gandum, agar tidak mati.

berarti gandum bisa bertahan selama: 150.000 / 20.000 = 7.5 jam. ok, sementara ini dianggap tidak ada masalah. karena kita asumsikan, player tersebut sudah memiliki gudang yang besar, yang bisa setiap saat meng konversi resource ke gandum (NPC).

suatu saat terjadi penyerangan ke ibukota tersebut. terkirim 50.000/crop eater troop defense. minus bertambah menjadi 70.000.

berarti gandum bertahan selama: 150.000 / 70.000 = 2.1 jam. artinya, tiap 2 jam anda harus online, berarti se hari bisa 10-12x online, untuk supply gandum atau NPC.

fuiihh... apakah anda tidak stress??? pada prakteknya, kadang-kadang tiap jam harus NPC. coba anda berhitung, anggap lah 8 kali NPC ke gandum. 8 x 3 gold = 24 gold / hari. CFD berlangsung selama 3 hari, berarti anda setidaknya sudah habis 70an gold.

belum lagi, supply CFR gandum yang unpredictible, membuat banjir gandum karen keterbatasan kapasitas daya tampung lumbung. berarti, untuk menjaga agar gandum tidak banjir, anda harus men alokasikan gandum berlebih di pushing ke desa lain untuk sementara, dan itu anda lakukan, TIAP JAM!!! sangattt menderita, bukan?

dengan kasus yang sama... kapasitas lumbung 400.000. berarti, jika lumbung terisi 95% yaitu 380.000, maka gandum bisa bertahan selama: 380.000 / 70.000 = 5.4 jam. masih lebih nyaman bukan dibandingkan 2 jam? jika supply CFR gandum masuk, lumbung tidak cepat banjir, setidaknya, se hari tiap 3-4 jam anda online untuk mengalokasikan gandum ke desa lain, jika gandum mulai banjir. disatu sisi juga, anda lebih irit gold, dari pengalaman, dengan kondisi lumbung seperti itu, biasanya hanya 1-2x NPC. berarti anda hanya menghabiskan 2 x 3 = 6 gold, selama 3 hari hanya 18 gold. bandingkan dengan lumbung 160.000, anda setidaknya menyiapkan 70an gold untuk NPC selama 3 hari.

anggap lah, gold tidak masalah bagi anda. tapi tingkat stress, saya pikir hampir jadi masalah bagi siapapun, bukan?

14. pagar

aliansi yang baik tentunya bisa berpikir strategis, untuk menghindari perang yang tidak perlu di awal-awal server. sehingga, memberikan kesempatan bagi member nya untuk berkembang dan mengalokasikan resource ke bangunan yang lebih produktif.

pagar adalah bangunan yang tidak produktif, tidak seperti halnya bangunan lainnya. hanya dibutuhkan saat perang. jika dilihat saat awal-awal server tidak terjadi perang, tunda terlebih dahulu pembangunan pagar.

namun memasuki bulan ke 3, sebaiknya secara per lahan, pagar mulai di upgrade, minimal level 12 (level ideal, berdasarkan hitungan tertentu). setelah memasuki bulan ke 5, pagar diharapkan sudah mencapai level 20, meskipun tidak terjadi perang.

15. balai desa

Untuk awal-awal server, balai desa level 1 mungkin diperlukan, untuk membantu sementara mempercepat nilai budaya. namun jika kebutuhan slot mendesak, balai desa bisa dibongkar, dan mengandalkan balai desa di desa-desa yang lain.

16. resource

meng upgrade resource non gandum, untuk awal-awal server, cukup level 1 saja. jangan dibiarkan level 0. karena jika mendapat serangan cata di kemudian hari, dengan mode random, setidaknya, cata bisa nyasar ke resource liat, besi, kayu yang level 1, dan tidak mengenai bangunan lainnnya.

fokus upgrade pada resource ladang untuk memperbesar jam produksi gandum. jam produksi gandum = kapasitas daya tampung troop. meng upgrade resource, harus merata, maksudnya, misalnya, jangan upgrade ladang ke level 6, jika 14 ladang lainnnya, belum rata level 5. karena dengan cara upgrade secara merata, ROI (return on investment) resource lebih baik. biaya yang anda keluarkan untuk meng upgrade lebih cepat balik modal, dibandingkan jika anda meng upgrade 1 slot ladang, jauh lebih tinggi dibandingkan ladang yang lainnya. cara ini sama dengan upgrade resource di desa lainnya. lakukan secara merata terlebih dahulu level nya.

17. penggilingan gandum

penggilingan gandum mulai di upgrade saat semua ladang rata level 5-6. tabel hitungannya seperti yang ada di web tools:

http://travian.kirilloid.ru/villages_res.php#spd=1&fl=10,10,10,10&fs=31

18. toko roti

kondisi nya sama dengan pennggilingan gandum.
Back to top Go down
View user profile
RAF
Administrator
Administrator
avatar

Jumlah posting : 143
Points : 304
Reputation : 1
Join date : 2012-06-04
Lokasi : Makassar Paradiso

PostSubject: Re: Village Management   Tue Jun 05, 2012 6:47 am

urutan-urutan setelah jadi desa baru (asumsi desa ke 6++, desa support):

1. upgrade gudang ke level 2 (1700) dan lumbung ke level 2 (1700), pushing sda hingga 90%.
2. upgrade bangunan utama ke level 3
3. upgrade gudang ke level 4 lumbung ke level 3, pushing sda hingga 90%.
4. upgrade bangunan utama ke level 5
5. bikin pasar level 1
6. bikin titik temu level 1
7. upgrade gudang ke level 5 lumbung ke level 4, pushing sda hingga 90%.
8. upgrade bangunan utama ke level 10
9. selama proses, upgrade ladang, hanya jika diperlukan, prasyrat bangunan
10. bikin barak level 3
11. bikin akademi level 4
12. upgrade gudang ke level 8, dan lumbung ke level 6, pushing sda hingga 90%.
13. upgrade akademi level 10
14. bikin balai desa level 1
15. lakukan perayaan kecil
16. bikin kastil level 10
17. sambil menunggu nilai budaya mencukupi, upgrade resource secara bertahap
18. kurang dari 10 jam sebelum nilai budaya mencukupi, cetak 3 settler
19. bikin desa baru lagi, setelah nilai budaya mencukupi

--- estimasi, rata-rata tercapai dalam waktu 8-9 hari, dengan asumsi, desa-desa sebelumnya, perayaan non stop dan tanpa tambahan item karya seni ---

20. fokus naikkan semua resource hingga level 7
22. upgrade gudang dan lumbung ke level 9-10 dan lumbung ke level 7-8
21. naikkan padepokan level 10 untuk mengambil oase pertama yang diperlukan
22. naikkan 1 slot resource ke level 10
22. bikin bangunan bonus resource level 3
23. ratakan resource dari level 7 ke level 8
24. upgrade bangunan resource ke level 4
25. upgrade bangunan utama ke level 16
26. ratakan resource dari level 8 ke level 9
27. upgrade gudang ke level 11-12, dan lumbung ke level 9-10
28. upgrade bangunan utama ke level 20
29. upgrade resource dari level 9 ke level 10
30. upgrade bangunan resource ke level 5, termasuk toko roti mulai di upgrade
31. upgrade gudang ke level 15-16, dan lumbung ke level 13-14
32. upgrade pasar ke level 20
33. upgrade pandai besi level 3
34. upgrade istal ke level 10
35. upgrade kantor dagang ke level 10
36. upgrade gudang level 20, dan lumbung level 20
37. bikin 1 gudang level 10, dan 2 lumbung level 10
38. titik temu level 15 (wajib)
39. bikin pagar level 12 (optional)

point 20-38, bersifat relatif, tergantung situasi dan kondisi saja. bangunan yang sudah terbangun namun tidak dibutuhkan, seperti kastil, pandai besi, istal, akademi, tidak perlu di bongkar. setidaknya menambah pop dan regenerasi nilai budaya. biarkan apa ada nya seperti itu. kecuali desa-desa khusus yang membutuhkan slot yang banyak untuk lumbung, bangunan tersebut dapat dibongkar.

jangan biarkan ada slot yang kosong. tetap isi dengan bangunan, setidaknya lumbung dan gudang, meskipun cuman level 5 (jangan level 1, karena bisa hancur kena fake cata), atau di bangun bangunan murah lainnya, seperti cranny atau perangkap (galia) level 10.

bangun juga gudang ilmu level 10, di 2-3 desa. untuk berjaga-jaga jika diperlukan untuk rolling artifak. desa yang di set bangun gudang ilmu, harus ada padepokan minimal level 1, pusat kebugaran level 10, istal level 3, dan cetak 20 troop kuda.

misi selesai...
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Village Management   

Back to top Go down
 
Village Management
Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
 :: Tips & Trick-
Jump to: